Jam Raksasa Di Kota Mekah

Pemerintah Arab Saudi mempersembahkan hadiah istimewa bagi para umat Muslim di penjuru dunia pada hari pertama di bulan suci Ramadan tahun ini. Hadiah itu berupa Jam Gadang raksasa yang dibangun di Kota Suci Mekah dan mulai berfungsi di awal Ramadan ini .

Menurut kantor berita Arab Saudi, SPA, Rabu, 11 Agustus 2010, pemerintah dan warga Arab Saudi berharap, jam baru dengan empat sisi itu bisa membuat waktu Mekah sebagai standar waktu alternatif selain Greenwich.

“Semua orang antusias melihat jam itu, meski informasi mengenai jam baru ini masih sangat kurang,” kata seorang warga
Jam raksasa di Kota Suci Mekah ini bisa menjadi standar waktu alternatif selain Greenwich
Mekah, Hani al-Wajeeh. “Kami di Mekah berharap kota ini bisa menjai zona waktu pusat dunia, kami tidak mengharapkan jam ini hanya sebagai pamer,” tambah al-Wajeeh.

Bayangan jam besar ini akan jatuh di Masjid Besar Mekah (Masjid al Haram) dari Menara Abraj Al-Bait – yang diperkirakan akan menjadi bangunan kedua tertinggi di dunia.

Jam besar ini ditargetkan akan mulai berfungsi dengan masa percobaan selama tiga bulan tepatnya mulai pekan pertama bulan suci Ramadan atau sekitar tanggal 12 Agustus 2010 waktu Arab Saudi .

Jam ini memiliki empat sisi terbuat dari ubin komposit berteknologi tinggi dengan luas total 46 meter. Beberapa bagian dilapisi emas, dengan posisi di sekitar 400 meter dari kawasan Masjid al Haram.

Menurut SPA, menara tempat jam dipasang akan mencapai ketinggian 601 meter. Ini berarti, menara itu akan menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia, mendahului Taipei 101 di Taiwan yang memiliki ketinggian 509 meter, tetapi masih di bawah Burj Khalifa, pencakar langit di Dubai dengan ketinggian 828 meter. Sekitar 250 pekerja masih bekerja membenahi frame jam.

Jam ini merefleksikan keinginan sejumlah kalangan muslim untuk mencari alternatif standar waktu universal, atau Greenwich Mean Time (GMT) yang telah berusia 126 tahun, dengan waktu Mekah.

Dalam sebuah konferensi di Doha pada 2008, tokoh dan cendekiawan Islam menyuguhkan argumen-argumen ilmiah bahwa waktu Mekah merupakan garis bujur global yang sebenarnya. Mereka mengatakan, Mekah adalah pusat dunia dan bahwa standar Greenwich adalah standar waktu yang diberlakukan oleh pihak Barat pada 1884.

3 Tanggapan to “Jam Raksasa Di Kota Mekah”

  1. baru tau info ini, subhanallah🙂

  2. Subhanallah. Semoga Allah memanggil saya untuk berziarah bulan ramadhan tahun depan ke tanah suci Mekkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: