Bintang Berukuran 20 Kali Besar Matahari

Sekumpulan bintang yg berukuran 20 kali lebih besar dari matahari tertangkap teleskop luar angkasa spitzer. NASA berhasil memotret sekumpulan bintang yang berada di galaksi lain.Salah satunya adalah sebuah bintang muda yang diyakini berukuran 20 kali lebih besar dari matahari.

Demikian ungkap ilmuwan yang bekerja sama dengan peneliti dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Peneliti NASA, Stefan Kraus dan astronom dari Universitas Michigan, Ann Arbor, mengungkapkan bahwa penemuan itu dalam rangka meneliti bagaimana bintang-bintang besar lahir di jagat lain.

Seperti dikutip di laman resmi NASA, Rabu 14 Juli 2010, Kraus mengungkapkan bahwa Teleskop Luar Angkasa milik NASA, Spitzer, berhasil merekam gambar suatu bintang yang dinamakan IRAS 13481-6124. Gambar dari Teleskop Spitzer itu juga didukung oleh pantauan dari stasiun teleskop di Chile.

Bintang itu berlokasi di konstelasi Centaurus, yang berjarak 10.000 tahun cahaya. Ukuran IRAS 20 kali lebih besar dari matahari. “Ini merupakan kali pertama benda seperti itu bisa terpantau,” kata Kraus.

Melalui pencitraan Spitzer, para peneliti juga menyaksikan bahwa bintang itu dikelilingi oleh kumpulan gas dan debu sehingga menyerupai cakram. Fenomena seperti juga terjadi pada bintang-bintang yang lain. “Cakram itu sangat mirip dengan apa yang telah kami lihat pada bintang-bintang muda, yang bentuknya lebih kecil, namun tetap saja besar,” kata Kraus.

Menurut dia, gambar dari Spitzer kali ini menghasilkan citra yang lebih jelas dari yang pernah diperlihatkan sehingga membantu para ilmuwan untuk memahami lebih baik akan lahirnya bintang di jagat lain.

9 Tanggapan to “Bintang Berukuran 20 Kali Besar Matahari”

  1. syangnya ga ada gambar bintangnya:mrgreen:

  2. wah sayang ya beda galaksi..klo pindah ke bimasakti gmana ya???

  3. like this…bintang yang suangat terangggg

  4. .matahari aja dah guede.. wah berarti bintangnya super super guede.. hehe🙂

  5. O..o.. gitu ya..
    nice info. Kunjungan dinas balasan Sob..

  6. berarti di galaksi lain ada matahari juga donk?>.?:):)

  7. masi baru aja dah gede bgt ya?? gimana nanti kalo dah Gede yaa?? WAAAH GEDEEE BGT O.o.. BTW nice infoo ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: