Mobil Hidrogen Mirip Sepatu Roda

Mobil sel bahan bakar atau hidrogen ramah lingkungan . Mobil itu terutama untuk digunakan di dalam kota. Maklum, polusi kota-kota besar kian parah. Salah satu kota di Inggris yang juga memperkenalkan mobil hidrogen hasil kreasi warganya adalah Leicester . Mobil hidrogen yang diperkenalkan ini cukup menarik. Bentuknya seperti sepatu roda alias rollerskate.

Mobil ini dibuat oleh sebuah Riversimpel, sebuah perusahaan di kota tersebut yang mengkhususkan diri untuk merancang dan membuat kendaraan ramah lingkungan. Kendati tidak memberikan detail dimensi, perusahaan tersebut merilis informasi mengenai performa mobil tersebut.

Mobil yang bisa ditumpangi dua orang ini (termasuk pengemudi) bisa melaju pada kecepatan maksimum 80 km/jam. Sekali isi tangki, mobil hidrogen ini dapat dipakai menempuh perjalanan sejauh 360 km.

Bodinya dibuat dari bahan komposit yang ringan sehingga bobot mobil hanya 350 kg. Dengan ini pula, konsumsi bahan bakar—diseterakan dengan bensin—mencapai 78 km/liter. Tak kalah menarik, gas yang keluar dari knalpot bukannlah gas karbon, melainkan tetesan air. Hebatnya lagi, energi yang digunakan bisa diperbarui dan kita tak perlu khawatir dengan gonjang-ganjing harga minyak dunia.

Untuk menarik masyarakat, Dewan Kota Leicester pun menyewakan mobil ini. Sewanya, jika dikurs, sekitar Rp 2,7 juta per bulan. Keuntungan yang diperoleh penyewa, biaya bahan bakar yang super irit!

Sebagai informasi, dalam proyek pertama antara Dewan Kota Leicester dan Riversimpel, sebanyak 5.000 mobil akan dibuat. Mobil itu pun saat ini sedang dites, terutama untuk penggunaan di daerah permukiman. Proyek yang diharapkan sudah bisa dijalankan pada 2012 ini juga bekerjasama dengan Universitas Leicester dan Universtas De Montfort untuk menentukan lokasi stasiun pengisian hidrogen. Prototipe mobil ini secara khusus akan diperlihatkan di sirkuit Silverstone. Sebelumnya diperkenalkan di De Montfort Hall Leicester pada bulan Juni lalu. (yc/forum.vibizportal)

2 Tanggapan to “Mobil Hidrogen Mirip Sepatu Roda”

  1. Wow, kira2 berapa duit ya mas harganya? Hehe

  2. keren tuh mobil .,.,.,., tpi kayaknya kok jalannya lambat .,.,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: