Maylaffayza Berbagi Tips Belajar Musik

Maylaffayza adalah seorang pemain biola dan music director. Maylaffayza memberikan tips dalam belajar musik.

Berikut adalah Tips belajar musik dari Maylaffayza :

Hal dasar yang harus kamu miliki di dalam dirimu untuk menjadi musisi profesional yaitu pertama, kamu harus suka dengan musik dan alat yang akan kamu pelajari. Dua hal selanjutnya adalah bakat dan kemauan. Itu dasar sekali.

Ada bakat tapi tidak ada kemauan hanya akan sia-sia. Ada kemauan tapi tidak ada bakat…hey..siapa tahu bisa? Menurut saya itu relatif, karena kemampuan secara fisik dan intelegensia (emosi dan logika) bisa dibangun. Ada saatnya kamu akan menemui orang yang mengatakan bahwa kamu tidak berbakat dan bahwa kamu tidak akan berhasil. Well, menurut saya, belum tentu orang itu benar. Banyak bintang kaliber dunia yang dulu pada awalnya disangsikan bakat dan kemampuannya, dan ternyata berhasil mengukir sejarah. Stay open, listen to yourself and be truthful! Menonton langsung konser berbagai musisi sangat membuat kita semangat berlatih dan memberi kita berbagai ide tentang apa saja yang bisa kita lakukan dengan alat musik kita.

Fasilitas
Nah kalau sudah ada bakat dan kemauan, kamu harus memiliki:
– Alat musik yang ingin kamu pelajari. Sebaiknya alat ini adalah milikmu sendiri supaya kamu bisa berlatih setiap hari.
– Alat pendukung latihan. Contohnya metronom (untuk membantu menjaga kecepatan kamu memainkan alat musik saat berlatih), tatakan partitur (tempat kamu meletakkan buku musikmu agar bisa kamu baca saat kamu latihan sambil duduk/berdiri), pemutar musik (bisa berbagai macam apakah itu cd player, mp3 player dan sejenisnya. Tentunya kamu perlu mendengarkan musik bukan?)
– Ruang berlatih. Kamu tidak perlu membangun sebuah ruangan untuk ini. Yang kamu perlukan hanyalah tempat dimana kamu bisa ‘menyepi’ untuk berlatih dan dekat dengan semua alat pendukung latihanmu selama kamu berlatih.

Pendidik
Siapa pendidikmu? Tentunya gurumu. Guru yang akan mengajarimu untuk memainkan instrumen musikmu. Dalam konteks ini saya hanya akan membicarakan guru dalam skala guru privat dan guru pada tempat kursus musik. Carilah info mengenai guru atau tempat kursus musik yang baik. Saya menyarankan untuk mencari guru yang berdedikasi tinggi dan tidak hanya berorientasi pada uang. Dari pengalaman saya termasuk teman-teman saya yang juga pendidik di bidang musik, kriteria guru yang baik adalah:
– Mempunyai komitmen waktu.
Jika ia kerap merubah jadwal latihanmu, itu saatnya untuk mempertanyakan apakah gurumu mempunyai komitmen untuk mengajar dirimu.
– Informatif.
Guru yang baik akan selalu memberikan informasi yang kamu dan orang tuamu butuhkan. Termasuk memberikan informasi apapun yang akan menunjang kemajuan belajar mengajar.
– Inspiratif.
Guru yang memberikan inspirasi kepada muridnya akan membuat muridnya terpacu. Inspirasi yang diberikan bisa dengan memberikan contoh refrensi musisi yang patut kamu dengar atau tonton, buku-buku yang baik untuk kamu baca, bahkan hingga hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamu berkembang.
– Berorientasi pada pendidikan.
Seorang pendidik sejati umumnya berorientasi pada pendidikan, tidak hanya pada pemasukannya dari segi keuangan. Guru-guru seperti ini bersedia berusaha lebih jauh untuk kemajuan muridnya dan bersedia bekerjasama dengan orang tua murid.
– Mengerti psikologi muridnya.
Seorang pendidik akan berhasil jika ia mengerti kondisi pskilogi muridnya. Ia mengerti bagaimana membuat dirimu terpacu, dan bagaimana mendisiplinkan dirimu untuk terus berlatih. Ia juga mengerti bagaimana menghadapi pertimbangan dari orang tuamu tentang perkembanganmu selama masa belajar alat musik ini.

Tim Suporter
Tak hanya tim sepakbola saja yang punya tim suporter. Kamu yang ingin mempalajari alat musik juga sebaiknya sadar siapa saja yang mendukung dirimu untuk terus belajar alat musik ini. Kenapa? Karena merekalah yang akan membuat kamu semangat saat kamu bosan dan ingin beralih atau bahkan berhenti. Merekalah yang akan membuatmu tetap pada jalurnya. Mereka juga yang akan memberi masukan. Tim suportermu adalah orang tuamu, keluargamu, dan sahabat-sahabatmu.

Libatkanlah mereka dalam perkembanganmu apakah itu saat kamu tampil di sekolah atau konser mini, atau saat kamu merasa bosan, mereka bisa membantumu untuk menyegarkan rasa penatmu berlatih. Teman-temanmu juga menjadi orang-orang yang menyenangkan untuk kamu ajak bermain musik bersama. Pastinya itu sangat menyegarkan suasana.

Keluargamu juga haruslah mendukung dan mengerti saat kamu berlatih di rumah. Jika mereka merasa suara alatmu mengganggu mereka, saatnya untuk meminta pengertian mereka dan mempertanyakan kembali apakah mereka benar mau mendukungmu untuk mewujudkan cita-citamu menjadi musisi yang hebat. Carilah jalan keluar bersama.

Kerja Tim
Tim kamu disini terdiri dari kamu, orang tuamu dan gurumu. Mata rantai ini tidak bisa putus. Orang tua tidak bisa melepaskan semua tanggung jawab kepada guru. Mereka harus tetap memantau dan terlibat dengan semua perkembanganmu. Keberhasilanmu yang utama nantinya adalah hasil kerjasama kamu, gurumu dan orang tuamu. Hasil komunikasi ketiganya akan membuat perjalananmu menuju cita-citamu akan berjalan lebih mulus.

Referensi
Mempunyai referensi sangat penting saat kita belajar alat musik. Referensi berupa berbagai jenis musik dan pengetahuan musik yang bisa membuatmu terpacu dan terinspirasi bisa kamu dapat dari:
– Berbagai cd musik (ingat beli yang asli ya, kalian akan jadi musisi oleh karenanya kalian harus menghargai hasil kerja karya intelektual semua musisi).
– Dvd dari berbagai live concert. Menonton langsung konser berbagai musisi sangat membuat kita semangat berlatih dan memberi kita berbagai ide tentang apa saja yang bisa kita lakukan dengan alat musik kita.
– Buku. Berbagai buku bisa membuatmu bertambah kaya pengetahuan. Ada hal yang tidak kamu dapatkan oleh guru dan orang tuamu yang bisa kamu dapat dari buku. Buku mulai dari buku mengenai musik bahkan hingga berbagai buku lainnya diluar musik juga bisa membuat kamu terinspirasi dalam berbagai latihanmu.
– Menonton konser musik. Pada dasarnya ini akan sangat membuat kamu terinspirasi dan bersemangat.
– Search it! Kamu bisa search di internet tentang berbagai perkembangan musik. Pakailah teknologi untuk mempercepat kekayaan perbendaharaan musikalmu. Teknologi ada untuk menolongmu lebih cerdas. Pakailah sebaik mungkin.
– Komunitas. Carilah berbagai komunitas yang bisa kamu ikuti. Kegiatan komunitas musik yang menyenangkan tidak hanya memperkaya ilmu dan perbendaharaan musikalmu, tetapi juga memperkaya faktor bersenang-senangmu dalam bermain musik, termasuk memperkaya pertemananmu dengan orang-orang yang sama-sama mempunyai ketertarikan di bidang musik seperti dirimu.
– Bintang Pujaan. Idola kita adalah seseorang yang sangat menjadi kekuatan kita pada saat-saat sulit selama perjalanan mempelajari alat musik yang kita sukai. Bintang pujaan kita bukanlah harus selalu seseorang yang sama-sama menguasai alat musik yang sama seperti yang sedang kita pelajari, tapi ia adalah orang yang mebuat kita terinspirasi dengan semua karyanya, penampilannya di panggung dan sumbangsihnya dalam bidang musik maupun dalam kehidupan. Mereka menjadi api penyemangat kita untuk selalu maju. Mendengarkan cd mereka, menonton dvd penampilan mereka dipanggung bahkan hanya dengan melihat poster bintang pujaan kita di kamar kita, selalu membuat kita teringat untuk mewujudkan cita-cita kita.

Waktu
Pastikan kamu selalu mempunyai waktu berlatih setiap hari. Dan tentunya waktu untuk bertemu gurumu. Tanpa waktu, tentunya kamu tidak bisa melakukan semua ini. Aturlah waktu dan disiplinlah dengan waktu tersebut. Orang tua maupun gurupun juga harus disiplin dalam perihal waktu ini. Jadi kalian bertiga memang harus berkomitmen jika ingin kamu sukses nantinya. Pastikan juga kamu mempunyai waktu beristirahat untuk bersenang-senang. Hal ini sangatlah penting untuk kebahagiaanmu menjalani semua ini.

Wah panjang juga yah ?

Tips di atas sangat sederhana, namun semua dibutuhkan jika kita ingin mempelajari alat musik. Perjalanan untuk menjadi seorang musisi yang profesional adalah perjalanan panjang dan penuh perjuangan. Tidak ada hal yang tidak dicapai dengan perjuangan. Usaha yang separuh-separuh umumnya akan menjadikan hasilnya separuh-separuh. Dan ingatlah untuk terus berproses. Kunci dari semua ini adalah kemauan kita untuk berproses. Jalani semua proses sepenuh hati dan ingat untuk terus menikmati semua keindahan dari proses yang kamu lewati.

Have a great musical journey!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: