Siapa Gitaris Tercepat di Dunia

Siapa gitaris tercepat di dunia? Kalau di tahun 1970-an, mungkin yang sering disebut adalah Ritchie Blackmore atau Angus Young, tahun 1980-an ada Yngwie Malmsteen atau Jason Becker, tahun 1990-an ada Paul Gilbert atau Michael Angelo Batio, nah.. kalau di tahun 2000-an ini siapa? Sebenarnya, Michael Angelo Batio sudah dinobatkan sebagai No. 1 Shredder of All Time versi majalah Guitar One di tahun 2003.

Nama-nama tersebut (dan nama lain seperti Herman Li, John Petrucci, dan seterusnya yang ternyata banyak banget manusia-manusia berjari lincah) tidak perlu diragukan lagi adalah gitaris-gitaris dengan kecepatan jari yang luar biasa.

Sayangnya mengukur siapa yang tercepat, bukan pekerjaan gampang. Mau dinilai dari mana? Apakah dari petikan gitar up dan down stroke bergantian? Walaupun kita dapat melakukannya secepat kilat, tetapi jika hanya menghasilkan nada do re do re do re alias dua not diulang-ulang, apakah pantas disebut yang tercepat?

Kalau begitu, lihat dari kelincahan tangan diatas fret gitar! Susah juga… lincahnya di satu senar aja atau 6 (atau 7) senar dilahap sekaligus? Pakai teknik sweep picking (dan variasi picking lain) atau tapping, atau teknik lain? Tingkat kesulitannya tentu beda, belum lagi kalau gitaris yang asal cepat sehingga melupakan keakuratan dan suara yang clean, maka penilaian speednya tentu terkontaminasi karena tidak sempurna.

Jadi, biasanya yang ngeributin who`s the fastest adalah fans dari masing-masing gitaris itu sendiri, sang gitarisnya mungkin enjoy-enjoy aja dengan permainannya.

Tapi kalo masih penasaran juga, ternyata ada yang membuat world record sebagai gitaris tercepat dengan perhitungan bpm (beats per minute), jadi jika kecepatannya mencapai 60 bpm, artinya adalah 1 beat terjadi tiap detik .

Nah bagaimana kalau seorang gitaris bisa menghasilkan hingga 320 bpm? Berarti tiap detik menghasilkan beat 320/60 = 5.3 beat! Gitaris tercepat ini bernama Tiago Della Vega dari Brazil yang secara resmi membuat rekor ini di tahun 2008,

2 Tanggapan to “Siapa Gitaris Tercepat di Dunia”

  1. luwar biyasa! kira-kira makan apa ya bisa cepet kayak gitu?😆

  2. Posting yang luar biasa mas. Anyway, saya sudah menulis liputan tentang event amal Jason Becker’s Not Dead Yet Festival di Harleem, Amsterdam tanggal 13 November 2011 kemarin. Banyak gitaris dunia yang hadir di sana seperti Guthrie Govan, Kiko Loureiro, Mattias IA Eklundh, Danielle Gottardo, Martin Miler, dll. Silahkan cek di sini untuk turut merasakan kemeriahannya: http://guitaronsky.blogspot.com/2011/11/highlight-liputan-jason-beckers-not.html Thanks salam kenal mas..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: